Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Study Banding Enam Rumah Sakit Provinsi Jawa Tengah ke RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto (RSMS)

Posted on 11 April 2015 13:27:24


Purwokerto. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit Provinsi Jawa Tengah mengadakan study banding ke RSMS pada Jumat (10/4) sampai dengan Sabtu (11/4). Peserta study banding tersebut meliputi RSUD Dr. Moewardi Surakarta, RSUD Tugurejo Semarang, RSDJ Dr. RM Soedjarwadi Klaten, RSUD Kelet, RSUD Dr. Amino Gondohutomo Semarang dan RSDJ Surakarta.

Materi study banding Jumat membahas tentang farmasi disertai dengan tanya jawab seputar stock obat, stock opname akhir tahun, tata cara peresepan dan obat kronis. Selain materi farmasi juga sistem pengadaan RSMS yang menggunakan aplikasi KGAS.

Study banding dilanjutkan pada hari Sabtu dengan materi seputar SIM RS, seperti  tentang klaim BPJS yang digunakan. Pada pemrosesan BPJS  yang menggunakan sistem integrasi aplikasi KHS dengan INA CBG’s dan BPJS dengan sistem bridging. Pada proses top up dijelaskan aplikasi sudah dapat menggambarkan jumlah terklaim, jumlah  tidak terklaim.

RSMS  juga mengembangkan Aplikasi E-planning sebagai sarana perencanaan program dan kegiatan tahunan yang berbasis bottom up planning dan mengacu pada Rencana Strategis Rumah Sakit. Setelah diskusi  BPJS dilanjutkan dengan diskusi sistem pembagian jasa pelayanan yang digunakan RSMS, terutama cara pembagian hasil klaim dan cara pembagiannya. Dijelaskan sistem pembagian jasa pelayanan yang digunakan dengan aplikasi KHS beserta jasa pelayanan  website by name dokter.

Sistem pembagian jasa pelayanan struktural sudah menggunakan Aplikasi Penilaian Struktural. Pada aplikasi penilaian struktural menggunakan sistem penilaian 360 derajat sehingga pembagiannya berdasarkan kinerja struktural. Aplikasi Penilaian Strukural juga dapat diakses web jasa pelayanan struktural, sehingga dapat diketahui jasa pelayanan pejabat struktural by name.

Semoga dengan study banding ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan peserta dan meningkatkan pelayanan rumah sakit. Terima kasih.


Pencarian Berita

Arsip Berita