Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

ITD Margono Targetkan 500 Kantong Per Bulan

Posted on 12 November 2014 19:39:48


Instalasi Tranfusi Darah (ITD) Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekarjo menargetkan terkumpul 500 kantong darah setiap bulannya.

Kepala ITD RSMS dr. AG Paulus M.Si, Med mengatakan, saat ini ITD RSMS mampu mengumpulkan 300 kantongtiap bulannya. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya petugas yang menangani tranfusi darah tersebut. Lebih lanjut dia mengatakan, petugas yang berada di ITD RSMS berjumlah delapan orang. "Rencana memang kami akan melakukan penambahan petugas, karena saat ini petugas yang ada di ITD RSMS mempunyai tugas rangkap hingga belum maksimal dalam pengambilan darah, " terangnya.

Saat ini, ITD RSMS masih mengambil darah dari Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PM!) Kabupaten Banyumas sebanyak 80 persen. Dari total kebutuhan darah sebanyak 1500 hingga 2000 kantong darah, ITD RSMS mengambil 1200 hingga 1800 kantong dari UDD PMI Banyumas. Jika adanya kenaikkan jumlah kantong darah, secara otomatis akan mengurangi pengambilan darah dari UDD PMI Banyumas. Namun, jika ada penambahan bangsal, kemungkinan pengambilan dari PMI tetap namun bisa memberikan tambahan darah kepada pasien dari bangsal tersebut.
Disingung mengenai kenaikan biaya penganti darah, dr Paulus mengatakan pihaknya mengikuti kebijakan yang diberikan PMI. Saat ini harga penganti darah masih sama. "Kalau darah bukan profit, jadi saya mengikuti PMI saja. Kalau PMI naik berarti naik, kalau belum kami tidak bisa menaikkan," katanya.

Kenaikan harga penganti darah memang sudah direncanakan, karena dari PMI sendiri juga sudah merencanakan hal tersebut. ITD RSMS sendiri rencana akan menaiikan sebesar 10 hingga 15 persen. "Kemungkinan akan naik 10 hingga 15 persen," katanya.

Biaya penganti darah, lanjut dr Paulus bukan untukmembeli darah melainkan untuk menganti biaya seperti pembelian kantong darah, dan juga biaya untuk screening dan lain-lain. Biaya tersebut juga untuk penapisan darah (screening darah) dari penyakit yang menular lewat transfusi, yakni HIV Hepatitis B dan C serta sifilis.Juga mampu memproduksi komponen darah seperti trombosit, darah eritrosit yang dicuci, fresh frozen plasma,kriopresipitasi serta lekosit pekat.


Pencarian Berita

Arsip Berita