Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

WORKSHOP RETROGRADE INTRARENAL SURGERY (RIRS) PADA PERTEMUAN ILMIAH TAHUNAN I IAUI JAWA TENGAH DI RSMS

Posted on 02 Mei 2018 19:19:42


Era baru pelayanan urologi RSUD Prof. DR. Margono Soekarjo  dimulai pada 2017, sejak  hadirnya peralatan canggih yang dimiliki oleh  Rumah sakit terbesar di Jawa Tengah Barat selatan ini, yaitu teknik operasi batu ginjal dengan menggunakan RIRS. Peralatan canggih ini semakin melengkapi beberapa alat sebelumnya yang tidak kalah modern, seperti ESWL dan peralatan lainnya.

RIRS (Retrogade Intra Renal Surgery )  merupakan prosedur minimal invasif untuk melakukan operasi dalam ginjal dengan fleksibel ureteroskop melalui saluran kemih. Cara kerja alat ini adalah dengan  dimasukkan melalui urethra lalu ke kandung kemih, kemudian melalui ureter sampai ke posisi dalam ginjal. Teknik ini dianggap sebagai standar aman untuk prosedur endoskopik pada batu ginjal. Metode ini sangat menarik untuk batu ginjal karena tidak ada sayatan, Dilakukan oleh Urolog dengan keahlian khusus.

Oleh karena itu,  untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus memperkenalkan metode operasi pada batu ginjal dengan teknik RIRS, pada 28 april 2018, Bagian Urologi  RSUD Prof. DR. Margono Soekarjo yang dipimpin oleh dr. Tri Budiyanto, SpU menyelenggrakan kegiatan Workshop  pada pertemuan ilmiah tahunan Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) membahas tentang  RIRS (Retrograde Intra Renal  Surgery). Sebetulnya kegiatan dengan tema yang sama sudah pernah diselenggarakan di RSMS pada 2017, tetapi dengan peserta  terbatas, yaitu dokter urologi se barlingmascakeb, meski kemudian dihadiri juga oleh urolog dari luar jawa.

Ada yang istimewa pada perhelatan di  28 april 2018  yang dibuka oleh Direktur RSMS, dr. Haryadi Ibnu Junaidi, SpB serta dihadiri juga Wakil Direktur Umum dan Keuangan, serta  Wakil Direktur Penunjang dan Pelatihan dibanding  dengan 2017, Workshop kali ini dilakukan dengan skala lebih besar, mengundang hampir seluruh dokter Urologi maupun perawat dengan basic urologi se jawa tengah,  Kegiatan dihadiri sekitar 88 peserta, terdiri dari 44 dokter urologi dan 40 perawat , berlangsung di Aula dua  dengan metode ceramah dan  pelaksanaan tindakan operasi batu ginjal dengan metode  RIRS. Untuk mendukung terlaksananya workshop ,  melibatkan juga kecanggihan teknologi dibidang IT yang dimiliki oleh RSMS. Kecanggihan dimaksud adalah digunakanya metode siaran langsung yang dapat diakses oleh peserta workshop tanpa harus mengikuti kegiatan dikamar operasi mengingat jumlah peserta yang cukup banyak.  Hal ini dilakukan agar peserta tidak perlu  berdesakan untuk melihat  proses operasi dengan menggunakan metode RIRS secara langsung, cukup melihat melalui layar/audio visual yang sudah disediakan diaula dua dan  aula IBS yang terkoneksi langsung dengan kamar operasi. 

Pemateri dan praktek operasi dilakukan oleh dr. Boyke Soebhali, SpU dari RSUD A. Wahab Sjahranie, Samarinda,. Dokter dengan penampilan bersahaja ini, memiliki segudang pengalaman, baik didalam  maupun luar negeri membagikan ilmunya tentang teknik operasi batu ginjal dengan metode  RIRS. Peserta cukup antusias mendengarkan presentasi dari pemateri, banyak hal baru mereka dapat. Munculnya berbagai pertanyaan  menunjukan keingintahuan  peserta sangat besar.

Sebagai leading dibidang Urologi dijawa tengah barat selatan dengan layanan unggulan  RIRS, tidak salah menjadikan RSUD Prof DR Margono Soekarjo sebagai pelaksana kegiatan Workshop ini.


Komentar Berita.

Belum ada komentar.

Pencarian Berita

Arsip Berita