Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

Tes Kemampuan Dasar (TKD) Dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Pengadaan Pegawai BLUD Non PNS Tidak Tetap RSMS

Posted on 07 Maret 2018 21:51:32


RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto sebagai RS Rujukan Regional melayani masyarakat Jawa Tengah Barat Selatan meliputi wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Pemalang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan perbatasan Ciamis, Banjar Patoman. Fakta ini menunjukkan  RS Margono sebagai rujukan regional menjadi mata rantai pelayanan pelayanan kesehatan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan.

Sumber Daya Manusia yang berkualitas menjadi kunci utama dalam menjamin mutu pelayanan di RS disamping fasilitas dan sarana prasarana pelayanan.  Pola Rekruitmen SDM  yang baik akan berdampak langsung pada kemampuan SDM mengelola pelayanan RS, maka terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah adil dan terbuka. Adil berarti memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh peserta yang telah dinyatakan lolos syarat administrasi. Terbuka artinya seluruh proses atau tahapan rekruitmen dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat. Computer Assisted Test (CAT)  Tes Kemampuan Dasar adalah  metode yang dipilih oleh RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo pada rekruitmen Tenaga BLUD Non PNS tidak tetap tahun 2018 dengan dibantu dan difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah dan didukung oleh STIMIK Amikom Purwokerto.

Metode CAT menjamin transparansi karena tiap peserta setiap selesai menjawab seluruh soal dalam  system maka akan muncul hasil tes melampui passing grade yang ditetapkan atau tidak. Yang tidak mampu melampui passing grade otomatis gugur untuk mengikut tes berikutnya, sementara yang melampui passing grade secara keseluruhan akan diproses secara otomatis untuk diketahui urutan rangking berdasarkan nilai tertinggi sampai terendah diatas passing grade, lalu langsung ditayangkan secara live peserta yang tidak memenuhi syarat (TMS) atau memenuhi syarat (MS) maksimal 2,5 kali formasi yang disediakan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bidang.

Materi tes kemampuan dasar meliputi Tes wawasan kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes kemampuan bidang Kesehatan masing-masing memiliki bobot 20% kecuali tes kemampuan bidang kesehatan dengan bobot 40%. Formasi saat ini meliputi Dokter Spesialis Paru, Dokter Umum, Apoteker, Perawat dll.

Upaya ini menjadi bentuk komitmen RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo untuk mendapatkan SDM yang kompeten dengan cara-cara yang bersih dan bebas dari bentuk2 KKN.


Komentar Berita.

  • taksis suwarko
    09-03-2018 19:24:36
    Mantap,,,support dan apresiasi tinggi utk instansi2 yang mampu dan berani menggunakan sytem CAT dlm perekrutan pegawai...BEBAS KKN ITU HEBAT !!!
  •  

Pencarian Berita

Arsip Berita