Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

Integrasi Sistem IT pelayanan BPJS berdampak pada efektifitas dan efisiensi RS..... (Stuba RS Cipto Mangunkusumo)

Posted on 18 September 2017 18:40:52


Keberhasilan dalam penataan sistem klaim pelayanan kesehatan dengan aplikasi transaksi berbasis teknologi komputer ternyata telah berdampak luas dan merubah tatanan pelayanan kesehatan. Terobosan manajer RSMS dalam ‘mengkawinkan’ Kebijakan BPJS-Kebijakan Menkes RI (INA-CBG’s)-Sistem pelayanan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Dalam sistem IT, telah mensederhanakan kompleksnya manajemen pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Pelayanan kesehatan yang efisien, pelayanan kesehatan yang profesional & terintegrasi, pemberian obat secara rasional, prosedur diagnostik yang tidak boros, dokumentasi asuhan yang jelas terekam telah dirasakan signifikansinya terhadap jalannya organisasi yang efektif. Realita aplikasi sistem ini terbukti telah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan daya saing RSUD, dan secara automatis berbanding lurus dengan kesejahteraan karyawan yang ikhlas bekerja.

Setelah menjadi salah satu penerima penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik, kembali RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo menerima tamu Tim Casemix RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo. Rombongan di pimpin oleh Ketua Tim Casemix RSCM dr. Eka Ginanjar, Sp.PD-KKV serta Staf Ahli Direktur Ibu Nurhayati, SE, MARS. Setelah di terima secara resmi oleh Direktur (dr. Haryadi Ibnu Junaedi, Sp.B); Wakil Direktur Umum dan Keuangan (Yunita Dyah Suminar, SKM, MSc, MSi) berkesempatan memaparkan pengalaman manajemen RSMS dalam membangun pengembangan sistem. Karena waktu yang dirasa begitu singkat, sharing pengalaman jajaran manajemen RSMS dan 25 orang anggota rombongan RSCM di batasi untuk dilanjutkan kunjungan lapangan. Selanjutnya rombongan dibagi menjadi 3 kelompok hospital tour : kelompok I Admisi pasien dan Pendaftaran Online, kelompok II Koding, Administrasi klaim & IT; kelompok III Administrasi ruang rawat dan monev.

Pembayaran pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan, pelayanan kesehatan berbasis IT serta Saling Percaya antara karyawan dengan manajemen rumah sakit merupakan permasalahan yang dahulu pernah dirasakan oleh RSMS ketika masing menerapkan transaksi manual dan sekarang telah ditemukan solusinya  (AR_308).


Komentar Berita.

Belum ada komentar.

Pencarian Berita

Arsip Berita