Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

PPNI KOMISARIAT RSMS SELENGGARAKAN SEMINAR PERAWATAN PALLIATIVE

Posted on 31 Agustus 2017 20:52:04


Berdasar data yang dirilis oleh WHO pada 2017 , penyebab utama kematian didunia, 8,8 juta diantaranya disebabkan oleh kanker. Di Indonesia terdapat sejumlah17, 8 juta jiwa (data 2016) dan menjadi 21,7 juta jiwa di 2017. Yang paling sering menyebabkan kematian akibat kanker diantaranya  lung (1,69 juta), liver (788.000), colorectal (774.000), stomach (754.0000), breast (571.000). 70 persen kematian terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Sepertiga dari kematian tersebut diakibatkan lima perilaku sebagai berikut :BMI tinggi, kurang intake buah dan sayur, kurang gerak, tembakau, alkohol. Berdasar penyebab kanker tersebut sebetulnya  kanker dapat dicegah.Kurangnya pengetahuan inilah yang menyebabkan jumlah penderita kanker jumlahnya terus meningkat. Hal ini menuntut peran aktif petugas kesehatan, tidak terkecuali perawat.

Berdasar hal tersebut, dan dilandasi keinginan untuk semakin memperluas wawasan tentang kanker, untuk kesekian kalinya PPNI komisariat RSMS menyelenggarakan kegiatan seminar keperawatan. Tema yang diusung kali ini adalah “menghidupkan layanan palliative care  pada penderita kanker dan penyakit kronis untuk meningkatkan yankes yang prima.

Kegiatan yang berlangsung pada minggu 27 agustus 2017 dilaksanakan di Hotel Santika Purwokerto. Acara seminar ini menghadirkan para narasumber yang sangat kompeten dibidang perawatan palliative, dengan berlatar belakang pendidikan Doktor. Hadir sebagai narasumber adalah Dr.kemala Rita Wahidi, S.Kp.,Sp.Kep.Onk., ETN., MARS seorang supervisor teknis keperawatan RS kanker Dharmais, jakarta, ketua Himpunan perawat onkologi Indonesia, dan sederet jabatan lainnya. Pembicara selanjutnya adalahKusman Ibrahim, S.Kp.,MNS., Ph.D., dekan Fakultas keperawatan Unpad, wakil Ketua kolegium Keperawatan medikal  Bedah Indonesia. Sedang Pembicara dari RSMS  Nur Indrawati, S.Kep., Ns yang merupakan penanggung jawab ruang kemotherapi RSMS, praktisi keperawatan onkologi dan palliative RSMS.

Peserta pada acara ini cukup membludak,sekitar 480 orang baik dari kalangan internal RSMS maupun dari eksternal. Kegiatan seminar ini berlangsung cukup interaktif, dengan dipandu oleh Didik Ujianto, SKM.,S.Kep. Berbagai hal tentang perawatan palliative yang selama ini menjadi  pertanyaan peserta dapat dijawab cukup memuaskan oleh para narasumber.


Komentar Berita.

  • e -man
    02-09-2017 08:54:06
    semoga bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan keperawatan palliative khususnya di RSMS
  •  

Pencarian Berita

Arsip Berita