Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Chat

RSUD PROF.Dr. MARGONO SOEKARJO KEMBANGKAN OPEN DATA

Posted on 05 Juli 2017 14:35:59


RSMS mengembangkan portal satu data. Portal ini memuat seluruh informasi public baik berkaitan dengan perencanaan, keuangan, program, statistic dan lain-lain dengan pendekatan Open Data. Dengan Open Data, maka seluruh informasi public yang disampaikan RSMS adalah data-data yang dapat dibaca tanpa menggunakan aplikasi tertentu, dapat diolah secara bebas dan tanpa syarat (tidak berbayar).

Pengembangan Portal Satu Data RSMS ini yang pertama di Jawa Tengah dimaksudkan untuk mendukung fungsi pelayanan public sebagai Rumah Sakit pendidikan, Seluruh komponen pendidikan baik mahasiswa (praktikan, koas,residen), dosen, pemerhati kesehatan selama ini adalah pihak yang paling banyak menggunakan data-data RSMS. “Dengan adanya portal satu data ini mahasiswa atau dosen yang sedang menyusun skripsi ,tesis,presus dapat langsung mengunduh data-data yang dibutuhkan tanpa dikenakan biaya”. Direktur RSU Margono Menjelaskan, bahwa dengan adanya open data sangat membantu masyarakat dan mahasiswa pada khususnya dalam pencarian data tanpa harus datang ke RSU Margono.

Selain untuk mendukung fungsi sebagai rumah sakit pendidikan, portal satu data RSU Margono dimaksudkan pula meningkatkan kualitas keterbukaan informasi dalam manajemen rumah sakit dengan menyajikan informasi dan atau data-data yang bersifat real time dan mudah diakses. ” Inilah salah satu bentuk komitmen  RSMS dalam mewujudkan keterbukaan informasi”. Sesuai UU KI no 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Pergub No. 52 Tahun 2016 tentang Single Data.

Untuk dapat memanfaatkan data-data portal satu data RSMS dapat diakses melaluoi melalui rsmargono.jatengprov.go.id atau bagi pengguna android dapat mendownload aplikasi RSMS di Play Store. Apabila mengunduh aplikasi RSMS melalui Play Store, masyarakat juga akan menikmati bentuk-bentuk pelayanan public lainnya milik RSMS. Sebab pada dasarnya, portal satu data RSMS adalah bagian dari pelayanan online yang terintegrasi dengan bentuk-bentuk pelayanan lainnya yang dikembangkan RSMS.

Open Data (Data terbuka) adalah data yang dapat digunakan secara bebas, dimanfaatkan, dan didistribusikan kembali oleh siapapun tanpa syarat, kecuali dengan mengutip sumber dan pemilik data. Selain itu, seluruh data yang dipublikasikan harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kriteria penting dari data terbuka adalah Ketersediaan dan akses Data harus tersedia utuh dan bebas biaya. Akan lebih baik jika data dapat diunduh melalui internet. Data juga harus tersedia dalam bentuk yang mudah digunakan dan dapat diolah kembali. Penggunaan dan pendistribusian Data yang digunakan dan didistribusikan kembali harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

Data Terbuka untuk umum setiap orang bebas menggunakan dan mendistribusikan kembali dataset. Tidak diperkenankan adanya diskriminasi atas bidang usaha, orang, atau kelompok. Dipublikasikan sesuai peraturan yang berlaku. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, terdapat jenis data yang dikecualikan dan tidak boleh dirilis. 


Komentar Berita.

Belum ada komentar.

Pencarian Berita

Arsip Berita