Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Dialog Interaktif Temu Pelanggan Radioterapi RSMS

Posted on 14 Februari 2017 12:46:36


We Can, I Can… Kita Bisa, Aku Bisa… Itulah tema Hari Kanker dunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari. Hari kanker diperingati sebagai bentuk apresiasi kepada WHO dan lembaga-lembaga non profit dalam usaha menanggulangi kanker. Senin, 13 Februari RSMS mengadakan Dialog Interaktif dan Temu Pelanggan Radioterapi Dalam rangka Hari Kanker Dunia yang dihadiri oleh pasien dan keluarga pasien sebanyak 125 orang dan sebagai pembicara Dr. Arundito Widikusumo, Sp. Onk. Rad.
Acara dibuka oleh Direktur RSMS Dr. Haryadi Ibnu Junaedi , Sp.B. “Cara terbaik menangani kanker dengan mendekteksi gejala awal secara umum,”ujar Direktur. Beliau juga menjelaskan berbagai alat-alat dan fasilitas yang dimiliki oleh RSMS yang menjadi salah satu pusat radioterapi yang ada di Jawa Tengah.
Untuk menambah keakraban dengan pasien dan keluarga pasien, tak lupa semua petugas radioterapi yang digawangi oleh Dr. Arundito Widikusumo, Sp. Onk. Rad. memperkenalkan diri. Terdiri dari 10 radiografer terapi, 1 fisika medis, 1 perawat dan 2 admin yang kesemuanya siap melayani pasien dengan sepenuh hati sesuai motto RSMS.
Selain itu sosialisasi cuci tangan juga diberikan oleh Tim PPI RSMS Heni Mulyani, S. Kep (Ners) dkk. Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit. Tangan kita sendiri justru seringkali menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita. Agar memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya mencuci tangan dengan teknik yang benar. Dalam kesempatan tersebut, Diinformasikan juga tata cara pendaftaran online di RSMS. Dengan pendaftaran online, pasien tidak perlu mengantri lagi. Proses untuk mendaftar secara online juga sangat mudah. Cukup mengunjungi website RSMS, yaitu http://rsmargono.jatengprov.go.id/registrasi-online. Jika sudah masuk halaman tersebut, pasien hanya mengisi data sesuai dengan petunjuk yang ada.
Acara puncak dialog interaktif tersebut berlangsung seru, para peserta berebut bertanya ke Dr. Arundito Widikusumo, Sp. Onk. Rad. “Apa yang harus dilakukan pasien setelah penyinaran?’’, tanya Dafiah salah satu pasien RSMS. “Setelah penyinaran kulit biasanya akan menghitam, namun tetap dibiarkan saja karena akan mengelupas sendiri. Yang penting jaga pola makan yang sehat dan tetap rutin control dokter’’, jawab Dr. Arundito dengan lugas. Kanker menjadi penyebab utama kematian diseluruh dunia. Sebisa mungkin kita bisa menghindari berbagai pemicu kanker antara lain rokok, alcohol, karsinogen ,dll.
Acara Dialog Interaktif dan Temu Pelanggan Radioterapi Dalam rangka Hari Kanker Dunia berlangsung lancar. Antusiasme peserta sangat bagus, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan. Dan semua pertanyaan bisa dijawab dengan baik. Kanker dapat dicegah sedari dini, sayangilah tubuhmu, hindari hal-hal pemicu kanker.  We Can, I Can… Kita Bisa, Aku Bisa…!!!! (AA)


Pencarian Berita

Arsip Berita