Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto
  rsmargono@jatengprov.go.id
    (0281)632708

Pemilihan Duta RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo

Posted on 24 Mei 2014 11:22:21


PURWOKERTO. Tidak seperti hari-hari biasanya, di halaman masuk ruang manajemen RSMS pada hari sabtu tepatnya tanggal 24 Mei 2014 kemarin tampak begitu meriah, terlihat panggung dengan karpet merah dengan background Pemilihan Duta RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2014-2016. Disana juga terlihat puluhan pria gagah dan perempuan-perempuan cantik mengenakan aneka busana bahkan ada juga yang mengenakan busana adat banyumasan. Ini adalah kali pertama RSMS bekerjasama dengan Dharma Wanita RSMS dan KPRI “SEHAT” RSMS Purwokerto mengadakan agenda Pemilihan Duta RSMS. Tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai dengan sambutan buka langsung oleh Direktur RSMS, Bapak dr. Haryadi Ibnu Junaedi, SpB. Sedangkan untuk penilaian di dukung oleh para juri antara lain dr.Lilijani,MMR, Ibu Ida Suyuti Muchson,dr.Wahyu Sp.PK,Ibu Nurektra Yuristrianti, DCN.MKes.

Menurut dr. Dyah Anggraeni Haryadi, Sp.PK selaku Ketua Dharma Wanita Pegawai (DWP) RSMS (istri dari Direktur RSMS) menyampaikan dengan adanya pemilihan duta ini nantinya diharapkan memperkuat tim promosi dan juga sebagai public relation(PR),misalnya mengomunikasikan produk jasa layanan RS, bisa memberikan informasi ke masyarakat tentang prosedur apa yang harus ditempuh oleh masyarakat untuk menjangkau pelayanan RS, memberikan informasi layanan apa aja yang bisa dilayanan di RS dan layanan apa saja yang bisa dilayanan di level puskesmas. Selain itu Duta Rumah Sakit bisa menyampaian pesan kesehatan RS yang ada seperti IBS Terpadu.

Jumlah peserta yang mengikuti acara ini 80 orang (33 pria dan 47 perempuan) yang mewakili setiap unit/instalasi/ruang perawatan di RSMS. Tadinya panitia pesimis jika peserta yang akan mengikuti pemilihan duta sedikit karena kegiatan diselenggarakan saat jam kerja. Namun pada kenyataannya kegiatan pemilihan duta ini tetap diminati dan tidak mengganggu pelayanan di RSMS.

Untuk menyemangati para peserta dan memeriahkan acara, para panitia dan para pejabat struktural sempat menampilkan gaya berlenggak lenggok diatas catwalk sebelum peserta menampilkan performancenya. Selanjutnya mulailah semua peserta secara bergantian sesuai nomor urut undian menampilkan menunjukkan penampilan terbaiknya diatas panggung. Dan ternyata mayoritas peserta cukup percaya diri dan lihai dalam berjalan maupun mengucapkan salam kepada dewan juri dan audience. Ini menunjukkan bahwa karyawan RSMS memiliki potensi-potensi yang perlu digali, misalnya saja untuk acara ini potensi sebagai model, jadi tidak hanya pandai memberikan pelayanan kepada pasien sesuai dengan profesinya tetapi juga menampilkan bakat yang dimilikinya melalui lomba-lomba seperti ini. 

Setelah seluruh peserta selesai menampilkan kebolehannya, tim juri mengadakan rapat intern untuk menentukan 10 peserta terbaik putera dan 10 peserta terbaik putri mengingat para peserta mendapatkan nilai yang hampir semuanya bagus. Selanjutnya dari 20 peserta tersebut  dilakukan tahap  penilaian performance, kecerdasan, communication skill dan behavior. Pertanyaan yang diberikan kepada para finalis adalah hasil pengundian secara acak dan dari pertanyaan tambahan yang diajukan oleh juri.

Dari hasil penilaian juri Duta RSMS akhirnya terpilih Candra Alfianto dari Instalasi Anesthesi dan Kartika Nur Ma’rifah dari Instalasi Rawat Jalan Abiyasa(Juara I),MA.Iqbal Firdaus (Ruang Edelweis) dan Rudatin Sri Haryanti (Instalasi Anestesi) sebagai Juara II,Taufan Oktavian Wijayanto (Radioterapi) dan Wulan Meitasari(Kamar Bersalin) sebagai Juara III, Tegur Ariarso (Koperasi) dan Setyaningsih(Rekam Medik) sebagai Juara Favorit. Duta Rumah Sakit tersebut menjabat selama 2 tahun (2014 – 2016) yang nanti akan diselenggarakan pemilihan Duta RS untuk periode berikutnya.

Pesan Kesan dari Chandra Alfianto mengemukakan alasan mengikuti pemilihan duta karena“ Ingin mengenalkan adanya unit kerja baru (Instalasi Anestesi). Kesan Pesan” Acaranya sudah bagus, untuk ke depannya penilaiannya ditambah seperti bisa berbahasa Inggris dan talenta yang di RS sudah baik, namun jangan puas tetap harus ditingkatkan”. Rencana setelah menjadi Duta RS antara lain memegang amanah dan tanggung jawab sebagai Duta RSMS dan tetap sebagai perawat mematuhi peraturan yang sudah ada, menjaga citra RS dengan sopan, ramah, bersahaja dan baik pada RS pada khususnya dan masyarakat pada umumnya” .

Pesan Kesan Rudatin Sri Haryati alasan mengikuti pemilihan duta, menambah pengalaman karena belum pernah ada event seperti ini. Kesan Pesan “ Terima kasih untuk panitia dan semoga perlu diadakan lagi  lebih baik pada periode mendatang” Rencana setelah menang “ Memotivasi diri untuk menjadi lebih baik dan mempromosikan RSMS kepada masyarakat seperti pelayanan unggulan RSMS (IBS Terpadu, Private  Wing, Geriatri Komprehensif,Maternal Perinatal(PICU-NICU) dan Infertilitas), karena kesannya masyarakat selama ini terhadap RSMS tidak selalu baik karena pasiennya terlalu banyak, pada hal di RS Margono pelayananan sama dengan RS lain.


Pencarian Berita

Arsip Berita